Tentang Bhante Jotidhammo dalam bahasa Pali dan terjemahannya
Tentang Bhante Jotidhammo dalam bahasa Pali dan terjemahannya.
Jotidhammo mahāthero, paṇḍito vijjasampanno
Sīlavā vattasampanno, so hi mayhaṃ upajjhāyo.
Imaṃ racitalekhanaṃ, taṃ theraṃ vandanatthāya
Gāravena me likhitaṃ, anumodatu so thero.
(Jotidhammo Mahāthera, bijaksanawan yang memiliki pengetahuan,
Bermoral yang memiliki moralitas, beliau adalah guru pentahbisku.
Tulisan ini disusun untuk menghormati bhikkhu tersebut,
Ditulis oleh saya dengan penuh hormat, semoga beliau turut bersukacita)
Jotidhammo Mahāthero nāma mayhaṃ upajjhāyo hoti. Alattha kho ahaṃ tassa mahātherassa santike pabbajjaṃ, ratanavanārāme Lāseme nāma padese dvasahassa-cuddasa (2014) vasse. Ajja pana tassa jātadivaso hoti. Tasmā idhāhaṃ saṅkhittena vacanaṃ detuṃ icchāmi.
(Bhikkhu Jotidhammo Mahāthera adalah guru pentahbis saya. Saya mendapatkan pentahbisan itu dari beliau di Ratana Vana Ārāme di sebuah daerah bernah Lasem pada tahun 2014. Hari ini adalah hari ulang tahun beliau. Oleh karena itu, di sini saya ingin memberikan sepatah kata yang singkat).
Paṭhamaṃ, icchāmahaṃ Jotidhammamahātheraṃ sandassetuṃ. So kira ekasahassa-navutisata-pañcapaññāsā (1955) vasse sāvaṇamāse catuvīsati divase Tegale nāma padese eko putto jāto’si. Mātāpitāro Dharmaputra Aris Wardoyo nāmaṃ kariṃsu. So Dhammaputto kumāro abhirūpo dassanīyo piyo mātāpitārānaṃ ca ñātīnaṃ cāti. Mātāpitāro pana guṇavantā puññavantā bhikkhusaṅghassa dāyakāti. Mātāpitaro honti sogatā buddhadhammasaṅghaṃ saraṇaṃ gatā, pāpadhammā paṭiviratā sīlavanto. Mātāpitaro pi tassa puttaṃ evaṃ kāresuṃ. Mātāpitāro tassa piyaputtakaṁ vihāraṃ gamesuṃ buddhadhammasaṅghassa vandanatthāya dhammadesanaṃ savanatthāya bhikkhusaṅghassa dassanatthāya. Tasmā so Dhammaputto kumāro saddhāya suppatiṭṭhito ahosi.
(Pertama-tama saya ingin menerangkan sosok Bhante Jotidhammo Mahāthera. Kisahkan, pada tanggal 24 Agustus 1955, di daerah Tegal lahirlah seorang anak laki-laki. Orangtuanya memberikannya nama Dharmaputra Aris Wardoyo. Anak tersebut, Dharmaputra, berparas ganteng, menyenangkan, dan dicintai oleh orangtuanya dan para sanak keluarga yang lain. Orangtuanya merupakan orang bermoral, memiliki kebajikan, dan merupakan penyokong bhikkhu Sangha. Orangtuanya merupakan Buddhis yang berlindung pada Buddha, Dhamma, dan Sangha; orang-orang bermoral yang menghindari perbuatan-pebuatan jahat. Makanya orangtuanya membuat anaknya juga seperti demikian. Ayah ibunya membuat anak tercintanya pergi ke vihara, melakukan penghormatan kepada Buddha, Dhamma, dan Sangha, mendengarkan Dhammadesana dan juga bertemu dengan bhikkhu Sangha. Oleh karena itu, dalam anak itu, Dharmaputra, sudah tertanam keyakinan yang baik).
Aparabhāge, mātāpitāro tena saddhiṃ Semarang nāma nagaraṃ gantvā, tattha vihariṃsu. Dhammaputto kumāro aggapāṭhasālāsu Semarang nāma nagare pāṭhasālāyaṃ sippaṃ, vijjaṃ, itihāsaṃ, gaṇitasatthaṃ, vyākaraṇaṃ, jīvavijjaṃ ceva uggaṇhasi. Dhammaputto kumāro patṭisattāhaṃ Mahādhammālokaṃ nāma vihāraṃ āgamasi. Imasmiṃ vihāre, so dhammapāṭhasālāyaṃ dhammappariyāpuṇi.
(Kemudian, ayah ibunya pindah ke kota Semarang dan tinggal di sana. Dharmaputra disekolahkan di sekolah terbaik di kota Semarang dan belajar ketrampilan, ilmu pengetahuan, sejarah, matematika, tata bahasa, dan biologi. Seminggu sekali, Dharmaputra pergi ke vihara Mahādhammāloka. Di vihara ini, dia belajar Dhamma di sekolah minggu).
Mahādhammālokavihāro hoti itihāsiko vihāro. Ekasahassa-navutisata-chasattati (1976) vase assayujamāse tevīsati divase, imasmiṃ vihāre Saṅgha-Theravāda-Indonesia nāma saṅghasabhā patiṭṭhāpitā pañcahi bhikkhūhi taṃ yathā Aggabalo nāma bhikkhu, Khemasaraṇo nāma bhikkhu, Sudhammo nāma bhikkhu, Khemiyo nāma bhikkhu, Ñāṇavutto nāma bhikkhu ca. Yasmā ayaṃ vihāro Tanah Putih nāma game patiṭṭhāpito, tasmā “Tanah Putih vihāro”ti paññāyittha.
(Vihara Mahādhammāloka adalah vihara yang bersejarah. Pada tahun 1976, tanggal 23 Oktober, sebuah organisasi Saṅgha Theravāda Indonesia dibentuk di vihara ini, dipelopori oleh lima bhikkhu, antara lain Bhikkhu Aggabalo, Bhikkhu Khemasaraṇo, Bhikkhu Sudhammo, Bhikkhu Khemiyo, dan Bhikkhu Ñāṇavutto. Karena vihara ini berdiri di desa Tanah Putih maka vihara ini menjadi dikenal Vihara Tanah Putih).
Yobbanamapatto, vijjāyatanakālaparipuṇṇo so Dhammaputto Gajamadaṃ nāma nikhilavijalayaṃ pavisitvā, tattha yantasippakalaṃ uggaṇhasi. Gajamado nāma nikhilavijjālayo pana abhiññāto nikhilavijjālayo Yogyakarta nāma nagare patiṭṭhāpito.
(Menginjak masa muda, setelah menyelesaikan sekolahnya, dia, Dharmaputra, masuk ke universitas Gajah Mada dan di sana dia belajar tenik mesin. Universitas Gajah Mada merupakan universitas ternama yang berdiri di kota Yogyakarta).
Abaddhakāle Dhammaputto kaḷyanamittehi saddhiṃ vihāravihāraṃ gato, pariyattidhammaṃ ca paṭipattidhammaṃ uggaṇhasi. Tasmiṃ samaye, Paññāvaro bhikkhu Mendut nāma vihāre Mungkid nāma gāme Magelang nāma nagare viharati. Nayaṃ purāṇamahāvihārā”ti veditabbaṃ. Ayaṃ vihāro Mendut nāma purāṇassa cetiyassa samīpe patiṭṭhāpito.
(Di waktu luangnya, Dharmaputra bersama dengan teman-teman baiknya pergi ke vihara-vihara, belajar teori dan praktik Dhamma. Pada waktu itu, Bhikkhu Paññāvaro tinggal di Vihara Mendut, yang terletak di desa Mungkid, Magelang. Harus diketahui, vihara ini bukanlah vihara kuno. Vihara ini berdiri di dekat candi kuno bernama Candi Mendut).
Dhammaputto anekadā imaṃ vihāraṃ āgantvā, Paññāvaranāmatherena saddhiṃ dhammasākacchamakāsi. Punappunaṃ imaṃ vihāraṃ āgato, sopi Girirakkhitena nāmena therena saddhiṃ dhammasākacchamakāsi. Tadā kira Girirakkhito thero, Vissutadhammakkathiko bahūhi janehi sakkato garukato ahosi. Te ubho Girirakkhito thero ca Paññāvaro thero ca theravarā saṅgha-theravāda-indonesia saṅghasabhāya.
(Dharmaputra sering datang ke vihara ini, dan berdiskusi Dhamma dengan Bhante Paññāvaro. Sering datang lagi dan lagi, dia pun juga berdiskusi Dhamma dengan Bhante Girirakkhito. Seperti yang terdengar, Bhante Girirakkhito adalah bhikkhu yang ahli dalam membabarkan Dhamma, dihormati dan dipuja banyak orang. Mereka berdua, Bhante Girirakkhito dan Bhante Paññāvaro adalah para sesepuh di Saṅgha Theravāda Indonesia).
Ajjhayanaparipuṇṇo so upādhiṃ labhitvā kammamakāsi. Ekadā so Dhammaputto pabbajitukāmo yena mātāpitaro tenupasaṅkami, upasaṅkamitvā mātāpitaro etadavoca, “ammatātā, icchāmahaṃ agārasmā anagāriyaṃ pabbajituṃ. Anujānātha maṃ agārasmā anagāriyaṃ pabbajjāyā’’ti. Evaṃ vutte tassa ammā tuṇhī ahosi, na ananuññātaṃ adadi. Apekkhati ammā tassa puttaṃ patirūpena dārena saṃyojetuṃ kulavaṃsaṃ tiṭṭhāpetuṃ. So Dhammaputto ammagāravena, na pabbaji. Api ca so na vivāhi.
(Setelah menyelesaikan pendidikannya dan mendapatkan gelar sarjana, dia bekerja. Suatu ketika, dia, Dhammaputra yang berkeinginan untuk meninggalkan keduniawian, pergi ke orangtuanya dan berkata “Ayah, Ibu, saya ingin meninggalkan kehidupan berumah menuju kehidupan tanpa rumah. Ijinkanlah saya meninggalkan keduniawian.” Ketika itu dikatakan, ibunya diam, tak memberi izin. Ibunya menghendaki anaknya menikah dengan gadis yang tepat untuk menjaga garis keluarga. Dharmaputra tidak jadi meninggalkan keduniawian karena menghormati ibunya. Tapi ia tidak menikah).
Vayappatto, tiṃsativāsiko, so anuññāto mātāpitūhi agārasmā anagāriyaṃ pabbajjāya, vihāraṃ gantvā therassa pabbajjaṃ ayāci. Jakattāyaṃ (Jakarta) ekasahassa-navutisata-pañcāsīti (1985) vasse so agārasmā anagāriyaṃ pabbaji. Dvinnaṃ vassānaṃ accayena, ekasahassa-navutisata-sattāsīti (1987) vasse bhikkhūhi saddhiṃ Syāmaraṭṭhaṃ gato so upasampadaṃ alabhi. Somdej Ñāṇasaṃvaro nāma mahāthero tassa upajjhayo ahosi. Vidhurdhammaborn nāma mahāthero tassa ācariyo ahosi. Tato so Jotidhammo bhikkhu ñāto. Jotidhammo”ti dhammaṃ joteti.
(Setelah menginjak usia tiga puluh, dia mendapatkan izin dari orangtuanya untuk meninggalkan keduniawian. Dia pergi ke vihara dan memohon pentahbisan kepada seorang bhikkhu. Pada tahun 1985, di Jakarta, ia meninggalkan kehidupan keduniawian. Dua tahun kemudian, pada tahun 1987, beliau dengan para bhikkhu pergi ke Thailand dan di sana beliau mendapatkan pentahbisan penuh (diupasampada). Bhante Somdej Ñāṇasaṃvara Mahāthera adalah guru pentahbisnya. Bhante Vidhurdhammaborn Mahāthera adalah gurunya. Sejak saat itu beliau dikenal sebagai Bhikkhu Jotidhammo. Jotidhammo berarti ia yang menerangi Dhamma).
Jotidhammo mahāthero sabrahmacārīnaṃ piyo ca manāpo ca garu ca hoti. So pana mahāthero sīlavā, paṇḍito, bahussuto ca hoti. Pubbe so kho mahāthero saṅghanāyako Saṅgha Theravāda Indonesia nāma saṅghasabhassa ahosi. Etarahi so theranāyako Saṅgha Theravāda Indonesīya nāma saṅghasabhāyaṃ hoti.
(Bhante Jotidhammo Mahāthera adalah bhikkhu yang dicintai, disukai, dan dihormati oleh teman-teman sebrahmacarinya. Beliau bermoral, bijaksana, dan berpengetahuan luas. Dulu beliau menjabat sebagai Saṅgha Nāyaka (ketua umum) di Saṅgha Theravāda Indonesia. Sekarang beliau adalah Thera Nāyako (sesepuh) di Saṅgha Theravāda Indonesia).
Jotidhammo mahāthero mahācariyo hoti. Syailendra nāma nikhilavijjālaye so vijjālayādhipati hoti. Tasmiṃ nikhilavijjālaye so mahāthero buddhasāsanaṃ sikkhāpeti. Tattha santi bahusissā. Gāmā gāmaṃ purā puraṃ dīpā dīpaṃ so pi upāsakānaṃ vā upāsikānaṃ vā dhammadesanaṃ karoti. Buddhasāsane Indonesīyaraṭṭhe mahantaṃ sevaṃ karoti. Tasmā so mahāthero Buddhasāsanassa bahujanānaṃ ceva bahūpakāro hoti.
(Bhante Jotidhammo Mahāthera adalah dosen. Beliau adalah rektor dari STAB Syailendra. Di kampus ini beliau mengajar agama Buddha. Ada banyak murid-muridnya di sana. Dari desa ke desa, kota ke kota, pula uke pulau, beliau juga membabarkan Dhamma. Beliau telah memberikan pelayanan yang besar terhadap agama Buddha di Indonesia. Oleh karena itu, beliau adalah orang berjasa bagi Buddhasāsana dan banyak orang).
Racitamidaṃ medhācittena nāmena sāmaṇerena
(Ini disusun oleh Sāmaṇera Medhācitto)
Selamat Ulang Tahun Bhante Jotidhammo Mahāthera. Semoga Bhante senantiasa berbahagia dan memiliki usia yang panjang.
Sukhī dīghāyuko hotu.
Jotidhammo mahāthero, paṇḍito vijjasampanno
Sīlavā vattasampanno, so hi mayhaṃ upajjhāyo.
Imaṃ racitalekhanaṃ, taṃ theraṃ vandanatthāya
Gāravena me likhitaṃ, anumodatu so thero.
(Jotidhammo Mahāthera, bijaksanawan yang memiliki pengetahuan,
Bermoral yang memiliki moralitas, beliau adalah guru pentahbisku.
Tulisan ini disusun untuk menghormati bhikkhu tersebut,
Ditulis oleh saya dengan penuh hormat, semoga beliau turut bersukacita)
Jotidhammo Mahāthero nāma mayhaṃ upajjhāyo hoti. Alattha kho ahaṃ tassa mahātherassa santike pabbajjaṃ, ratanavanārāme Lāseme nāma padese dvasahassa-cuddasa (2014) vasse. Ajja pana tassa jātadivaso hoti. Tasmā idhāhaṃ saṅkhittena vacanaṃ detuṃ icchāmi.
(Bhikkhu Jotidhammo Mahāthera adalah guru pentahbis saya. Saya mendapatkan pentahbisan itu dari beliau di Ratana Vana Ārāme di sebuah daerah bernah Lasem pada tahun 2014. Hari ini adalah hari ulang tahun beliau. Oleh karena itu, di sini saya ingin memberikan sepatah kata yang singkat).
Paṭhamaṃ, icchāmahaṃ Jotidhammamahātheraṃ sandassetuṃ. So kira ekasahassa-navutisata-pañcapaññāsā (1955) vasse sāvaṇamāse catuvīsati divase Tegale nāma padese eko putto jāto’si. Mātāpitāro Dharmaputra Aris Wardoyo nāmaṃ kariṃsu. So Dhammaputto kumāro abhirūpo dassanīyo piyo mātāpitārānaṃ ca ñātīnaṃ cāti. Mātāpitāro pana guṇavantā puññavantā bhikkhusaṅghassa dāyakāti. Mātāpitaro honti sogatā buddhadhammasaṅghaṃ saraṇaṃ gatā, pāpadhammā paṭiviratā sīlavanto. Mātāpitaro pi tassa puttaṃ evaṃ kāresuṃ. Mātāpitāro tassa piyaputtakaṁ vihāraṃ gamesuṃ buddhadhammasaṅghassa vandanatthāya dhammadesanaṃ savanatthāya bhikkhusaṅghassa dassanatthāya. Tasmā so Dhammaputto kumāro saddhāya suppatiṭṭhito ahosi.
(Pertama-tama saya ingin menerangkan sosok Bhante Jotidhammo Mahāthera. Kisahkan, pada tanggal 24 Agustus 1955, di daerah Tegal lahirlah seorang anak laki-laki. Orangtuanya memberikannya nama Dharmaputra Aris Wardoyo. Anak tersebut, Dharmaputra, berparas ganteng, menyenangkan, dan dicintai oleh orangtuanya dan para sanak keluarga yang lain. Orangtuanya merupakan orang bermoral, memiliki kebajikan, dan merupakan penyokong bhikkhu Sangha. Orangtuanya merupakan Buddhis yang berlindung pada Buddha, Dhamma, dan Sangha; orang-orang bermoral yang menghindari perbuatan-pebuatan jahat. Makanya orangtuanya membuat anaknya juga seperti demikian. Ayah ibunya membuat anak tercintanya pergi ke vihara, melakukan penghormatan kepada Buddha, Dhamma, dan Sangha, mendengarkan Dhammadesana dan juga bertemu dengan bhikkhu Sangha. Oleh karena itu, dalam anak itu, Dharmaputra, sudah tertanam keyakinan yang baik).
Aparabhāge, mātāpitāro tena saddhiṃ Semarang nāma nagaraṃ gantvā, tattha vihariṃsu. Dhammaputto kumāro aggapāṭhasālāsu Semarang nāma nagare pāṭhasālāyaṃ sippaṃ, vijjaṃ, itihāsaṃ, gaṇitasatthaṃ, vyākaraṇaṃ, jīvavijjaṃ ceva uggaṇhasi. Dhammaputto kumāro patṭisattāhaṃ Mahādhammālokaṃ nāma vihāraṃ āgamasi. Imasmiṃ vihāre, so dhammapāṭhasālāyaṃ dhammappariyāpuṇi.
(Kemudian, ayah ibunya pindah ke kota Semarang dan tinggal di sana. Dharmaputra disekolahkan di sekolah terbaik di kota Semarang dan belajar ketrampilan, ilmu pengetahuan, sejarah, matematika, tata bahasa, dan biologi. Seminggu sekali, Dharmaputra pergi ke vihara Mahādhammāloka. Di vihara ini, dia belajar Dhamma di sekolah minggu).
Mahādhammālokavihāro hoti itihāsiko vihāro. Ekasahassa-navutisata-chasattati (1976) vase assayujamāse tevīsati divase, imasmiṃ vihāre Saṅgha-Theravāda-Indonesia nāma saṅghasabhā patiṭṭhāpitā pañcahi bhikkhūhi taṃ yathā Aggabalo nāma bhikkhu, Khemasaraṇo nāma bhikkhu, Sudhammo nāma bhikkhu, Khemiyo nāma bhikkhu, Ñāṇavutto nāma bhikkhu ca. Yasmā ayaṃ vihāro Tanah Putih nāma game patiṭṭhāpito, tasmā “Tanah Putih vihāro”ti paññāyittha.
(Vihara Mahādhammāloka adalah vihara yang bersejarah. Pada tahun 1976, tanggal 23 Oktober, sebuah organisasi Saṅgha Theravāda Indonesia dibentuk di vihara ini, dipelopori oleh lima bhikkhu, antara lain Bhikkhu Aggabalo, Bhikkhu Khemasaraṇo, Bhikkhu Sudhammo, Bhikkhu Khemiyo, dan Bhikkhu Ñāṇavutto. Karena vihara ini berdiri di desa Tanah Putih maka vihara ini menjadi dikenal Vihara Tanah Putih).
Yobbanamapatto, vijjāyatanakālaparipuṇṇo so Dhammaputto Gajamadaṃ nāma nikhilavijalayaṃ pavisitvā, tattha yantasippakalaṃ uggaṇhasi. Gajamado nāma nikhilavijjālayo pana abhiññāto nikhilavijjālayo Yogyakarta nāma nagare patiṭṭhāpito.
(Menginjak masa muda, setelah menyelesaikan sekolahnya, dia, Dharmaputra, masuk ke universitas Gajah Mada dan di sana dia belajar tenik mesin. Universitas Gajah Mada merupakan universitas ternama yang berdiri di kota Yogyakarta).
Abaddhakāle Dhammaputto kaḷyanamittehi saddhiṃ vihāravihāraṃ gato, pariyattidhammaṃ ca paṭipattidhammaṃ uggaṇhasi. Tasmiṃ samaye, Paññāvaro bhikkhu Mendut nāma vihāre Mungkid nāma gāme Magelang nāma nagare viharati. Nayaṃ purāṇamahāvihārā”ti veditabbaṃ. Ayaṃ vihāro Mendut nāma purāṇassa cetiyassa samīpe patiṭṭhāpito.
(Di waktu luangnya, Dharmaputra bersama dengan teman-teman baiknya pergi ke vihara-vihara, belajar teori dan praktik Dhamma. Pada waktu itu, Bhikkhu Paññāvaro tinggal di Vihara Mendut, yang terletak di desa Mungkid, Magelang. Harus diketahui, vihara ini bukanlah vihara kuno. Vihara ini berdiri di dekat candi kuno bernama Candi Mendut).
Dhammaputto anekadā imaṃ vihāraṃ āgantvā, Paññāvaranāmatherena saddhiṃ dhammasākacchamakāsi. Punappunaṃ imaṃ vihāraṃ āgato, sopi Girirakkhitena nāmena therena saddhiṃ dhammasākacchamakāsi. Tadā kira Girirakkhito thero, Vissutadhammakkathiko bahūhi janehi sakkato garukato ahosi. Te ubho Girirakkhito thero ca Paññāvaro thero ca theravarā saṅgha-theravāda-indonesia saṅghasabhāya.
(Dharmaputra sering datang ke vihara ini, dan berdiskusi Dhamma dengan Bhante Paññāvaro. Sering datang lagi dan lagi, dia pun juga berdiskusi Dhamma dengan Bhante Girirakkhito. Seperti yang terdengar, Bhante Girirakkhito adalah bhikkhu yang ahli dalam membabarkan Dhamma, dihormati dan dipuja banyak orang. Mereka berdua, Bhante Girirakkhito dan Bhante Paññāvaro adalah para sesepuh di Saṅgha Theravāda Indonesia).
Ajjhayanaparipuṇṇo so upādhiṃ labhitvā kammamakāsi. Ekadā so Dhammaputto pabbajitukāmo yena mātāpitaro tenupasaṅkami, upasaṅkamitvā mātāpitaro etadavoca, “ammatātā, icchāmahaṃ agārasmā anagāriyaṃ pabbajituṃ. Anujānātha maṃ agārasmā anagāriyaṃ pabbajjāyā’’ti. Evaṃ vutte tassa ammā tuṇhī ahosi, na ananuññātaṃ adadi. Apekkhati ammā tassa puttaṃ patirūpena dārena saṃyojetuṃ kulavaṃsaṃ tiṭṭhāpetuṃ. So Dhammaputto ammagāravena, na pabbaji. Api ca so na vivāhi.
(Setelah menyelesaikan pendidikannya dan mendapatkan gelar sarjana, dia bekerja. Suatu ketika, dia, Dhammaputra yang berkeinginan untuk meninggalkan keduniawian, pergi ke orangtuanya dan berkata “Ayah, Ibu, saya ingin meninggalkan kehidupan berumah menuju kehidupan tanpa rumah. Ijinkanlah saya meninggalkan keduniawian.” Ketika itu dikatakan, ibunya diam, tak memberi izin. Ibunya menghendaki anaknya menikah dengan gadis yang tepat untuk menjaga garis keluarga. Dharmaputra tidak jadi meninggalkan keduniawian karena menghormati ibunya. Tapi ia tidak menikah).
Vayappatto, tiṃsativāsiko, so anuññāto mātāpitūhi agārasmā anagāriyaṃ pabbajjāya, vihāraṃ gantvā therassa pabbajjaṃ ayāci. Jakattāyaṃ (Jakarta) ekasahassa-navutisata-pañcāsīti (1985) vasse so agārasmā anagāriyaṃ pabbaji. Dvinnaṃ vassānaṃ accayena, ekasahassa-navutisata-sattāsīti (1987) vasse bhikkhūhi saddhiṃ Syāmaraṭṭhaṃ gato so upasampadaṃ alabhi. Somdej Ñāṇasaṃvaro nāma mahāthero tassa upajjhayo ahosi. Vidhurdhammaborn nāma mahāthero tassa ācariyo ahosi. Tato so Jotidhammo bhikkhu ñāto. Jotidhammo”ti dhammaṃ joteti.
(Setelah menginjak usia tiga puluh, dia mendapatkan izin dari orangtuanya untuk meninggalkan keduniawian. Dia pergi ke vihara dan memohon pentahbisan kepada seorang bhikkhu. Pada tahun 1985, di Jakarta, ia meninggalkan kehidupan keduniawian. Dua tahun kemudian, pada tahun 1987, beliau dengan para bhikkhu pergi ke Thailand dan di sana beliau mendapatkan pentahbisan penuh (diupasampada). Bhante Somdej Ñāṇasaṃvara Mahāthera adalah guru pentahbisnya. Bhante Vidhurdhammaborn Mahāthera adalah gurunya. Sejak saat itu beliau dikenal sebagai Bhikkhu Jotidhammo. Jotidhammo berarti ia yang menerangi Dhamma).
Jotidhammo mahāthero sabrahmacārīnaṃ piyo ca manāpo ca garu ca hoti. So pana mahāthero sīlavā, paṇḍito, bahussuto ca hoti. Pubbe so kho mahāthero saṅghanāyako Saṅgha Theravāda Indonesia nāma saṅghasabhassa ahosi. Etarahi so theranāyako Saṅgha Theravāda Indonesīya nāma saṅghasabhāyaṃ hoti.
(Bhante Jotidhammo Mahāthera adalah bhikkhu yang dicintai, disukai, dan dihormati oleh teman-teman sebrahmacarinya. Beliau bermoral, bijaksana, dan berpengetahuan luas. Dulu beliau menjabat sebagai Saṅgha Nāyaka (ketua umum) di Saṅgha Theravāda Indonesia. Sekarang beliau adalah Thera Nāyako (sesepuh) di Saṅgha Theravāda Indonesia).
Jotidhammo mahāthero mahācariyo hoti. Syailendra nāma nikhilavijjālaye so vijjālayādhipati hoti. Tasmiṃ nikhilavijjālaye so mahāthero buddhasāsanaṃ sikkhāpeti. Tattha santi bahusissā. Gāmā gāmaṃ purā puraṃ dīpā dīpaṃ so pi upāsakānaṃ vā upāsikānaṃ vā dhammadesanaṃ karoti. Buddhasāsane Indonesīyaraṭṭhe mahantaṃ sevaṃ karoti. Tasmā so mahāthero Buddhasāsanassa bahujanānaṃ ceva bahūpakāro hoti.
(Bhante Jotidhammo Mahāthera adalah dosen. Beliau adalah rektor dari STAB Syailendra. Di kampus ini beliau mengajar agama Buddha. Ada banyak murid-muridnya di sana. Dari desa ke desa, kota ke kota, pula uke pulau, beliau juga membabarkan Dhamma. Beliau telah memberikan pelayanan yang besar terhadap agama Buddha di Indonesia. Oleh karena itu, beliau adalah orang berjasa bagi Buddhasāsana dan banyak orang).
Racitamidaṃ medhācittena nāmena sāmaṇerena
(Ini disusun oleh Sāmaṇera Medhācitto)
Selamat Ulang Tahun Bhante Jotidhammo Mahāthera. Semoga Bhante senantiasa berbahagia dan memiliki usia yang panjang.
Sukhī dīghāyuko hotu.
Komentar
Posting Komentar